Rabu, 11 Januari 2012

Pengantar Teknologi Informasi


oleh m. candra wilis p. | pti'10 c


A. Data dan Informasi

Teknologi Informasi mempunyai komponen yaitu data dan informasi.
Data adalah fakta-fakta mentah  yang masih berupa deskripsi-deskripsi dasar  yang tidak diorganisasikan untuk tujuan tertentu. Data dapat berupa teks, gambar, audio, video, dll.
Informasi adalah manipulasi data yang saling berhubungan dan memiliki makna, bisa dikatakan bahwa informasi yaitu sekumpulan fakta (data) yang diolah atau diorganisir dengan cara tertentu sehingga memiliki makna bagi si penerima. Dengan kata lain, informasi datang dari data yang akan diproses.

Hubungan data dan informasi
Jika kita bicara tentang data pasti tidak akan lepas dari informasi. Data dan informasi saling berhubungan dan saling berkaitan satu sama lain. informasi tidak akan ada jika tidak ada data, sedangkan data bisa terbentuk dari informasi yang telah ada.


Dari gambar di atas dapat disimpulkan bahwa data yang telah diproses akan menjadi informasi, sedangkan informasi tersebut akan menjadi data baru yang bisa diproses kembali untuk mendapatkan informasi baru dan begitu seterusnya.

Berbagai sumber informasi
a.       Pengamatan lapangan (Observasi) - penelitian
b.      Kuesioner – pengisian angket
c.       Kejadian (Event) –pencatatan/perekaman
d.      Media massa – koran, majalah, buku, dll
e.      Alat telekomunikasi – telepon, sms, dll
f.        Alat elektronis – TV, radio, dll
g.       dll

Sifat – sifat informasi
dapat dibagi menjadi 2 yaitu informasi yang perfect dan informasi yang imperfect.  
a.       Informasi itu dikatakan perfect jika informasi itu pasti atau kebenaranya sudah dapat diketahui secara jelas. Contohnya : Hasil pertandingan persahabatan antara Indonesia All Star melawan AC Milan Glorie yaitu 1-5.
b.      Informasi dapat juga dikatakan imperfect ketika informasi itu mengandung unsur ketidakpastian. Contohnya : Jika saya jadi bupati, maka saya akan membangun stadion.


Karakteristik informasi yang baik
a.       Tepat waktu
Informasi yang baik adalah informasi yang datangnya tepat waktu. Contohnya saja pada pertandingan sepak bola  bigmatch antara Indonesia vs Malaysia, kita ingin tahu skor pertandingan sepak bola pada saat itu juga.Namun jika informasi tentang skor akhir pertandingannya diinformasikan baru seminggu atau sebulan setelahnya, tentu informasi ini sudah tidak berarti lagi.
b.      Akurat
Informasi dapat dikatakan akurat apabila dapat memberikan/mengatakan informasi sesuai dengan fakta yang ada dan sesuai. Contoh : Manchester United menang 8-2 atas Arsenal; Manchester United menang telak atas Arsenal. Kalimat kedua kurang akurat.
c.       Mudah diakses
Informasi itu harus mudah diakses. Jika informasi itu sudah tepat waktu dan akurat namun tidak bisa diinformasikan kepada semua orang, itu adalah bentuk informasi yang buruk, sama saja dengan tidak ada informasi apapun.
d.      Menghilangkan keraguan
Keakuratan dan sumber informasi yang terpercaya diperlukan agar pembaca tidak ragu-ragu dengan informasi tersebut.
e.      Berhubungan
Biasanya informasi yang diberikan berhubungan dengan orang yang membutuhkan informasi tersebut. Bukannya tanya  A, dijawab  B.
f.        Berdasarkan fakta
Informasi yang diinformasikan harus fakta, tidak boleh fiktif atau rekayasa.

Evolusi Abad Informasi

Berawal dari Abad pertanian (tahun < 1800) yang mayoritas masyarakatnya bertani, menggunakan tenaga manusia dan tangan. Lalu berevolusi menjadi Abad industri (1800 - 1957) dimana pabrik-pabrik industri pada zaman itu berkembang pesat. Dan akhirnya berevolusi menjadi Abad informasi (1957 - sekarang) dan pekerjanya pun sudah banyak yang terdidik, menggunakan tenaga dan teknologi informasi. Masyarakatnya pun juga dikenal sebagai masyarakat informasi yaitu suatu masyarakat dimana lebih banyak orang bekerja di bidang penanganan informasi daripada di bidang pertanian dan industri.

Kita bisa lihat dari gambar ini, meskipun rumahnya sangat sederhana namun penghuninya adalah masyarakat informasi dan sudah menggunakan antena parabola sehingga dapat mendapatkan informasi dengan mudah dari berbagai belahan tempat di dunia ini

B. Teknologi Informasi

Teknologi informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan data dan informasi.
Tujuan teknologi informasi adalah memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi. Sedangkan fungsi dari teknologi informasi yaitu menangkap (capture), mengolah (processing), menghasilkan (generating), menyimpan (storage), mengambil kembali (retrieval), dan melakukan transmisi (transmission).

Komponen utama teknologi informasi :
a.       Hardware( HW), yaitu istilah umum yang merujuk pada bagian- bagian fisik dari sebuah teknologi(perangkat keras).contoh : CPU,monitor, dll.
b.      Software(SW), yaitu sekelompok item atau objek yang membentuk ”konfigurasi”di mana di dalamnya termasuk program, dokumen, data. Sebuah program tanpa ada dokumen belum bisa dikatakan software. Dokumen yang dimaksudkan dalam software ini seperti history dan help.
c.       Brainware(BW),yaitu istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer.

Teknologi informasi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, hal ini dikarenakan :
ü  Kompleksitas tugas manajemen
ü  Pengaruh globalisasi
ü  Perlunya response time cepat
ü  Tekanan persaingan bisnis
ü  Peningkatan layanan
Teknologi informasi juga banyak diterapkan dalam bidang industri, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, perbankan,  hiburan, dll.


Print this post

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Technorati Style Copyright by teknologi informasi | Template by One-4-All | Made In Indonesia