Selasa, 10 Januari 2012

kemajuan teknologi

LEDAKAN PENDUDUK VS. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
Pepatah tentang banyak anak banyak rezeki sudah tidak berlaku di Indonesia. Pertumbuhan penduduk khususnya di Indonesia dewasa ini mengalami peningkatan yang signifikan dimana pertumbuhan penduduk rata-rata di Indonesia sebesar 1,49% akan berdampak pada kualitas kesehatan, lingkungan, dan ketersediaan pangan serta problematika umum di Indonesia mengenai kemiskinan dan pengangguran. Hal ini dikarenakan kualitas hidup dan lingkungan serta faktor-faktor pendukung lainnya tidak tumbuh sejalan dengan pertumbuhan penduduk, malah mengalami penurunan.
Namun dalam era globalisasi ini selain faktor yang telah tertera di atas, teknologi memiliki peran langsung terhadap ledakan penduduk. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
Teknologi khususnya di bidang kesehatan juga telah memperlihatkan peran yang sangat signifikan untuk menolong jiwa manusia, dan riset di bidang kedokteran. Komputer digunakan untuk mendiagnosis penyakit, menemukan obat yang tepat, serta menganalisis organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat. Teknologi dalam kesehatan mempunyai peran yang sangat penting, terutama dalam memberikan kualitas atau mutu pelayanan kesehatan. Kemajuan dunia Ilmu pengetahuan telah mengurangi derita dan beban yang diakibatkan kematian karena penyakit menular antara bayi dan anak.
Selain hal tersebut teknologi kedokteran masa kini telah bisa menjawab kasus pasangan suami istri yang sulit memiliki anak yaitu dengan teknologi bayi tabung dan lain-lain, serta kasus mengenai pasangan yang tidak menghendaki hadirnya bayi. Selain teknologi dalam bidang kesehatan, teknologi informasi berupa internet dan komunikasi turut andil dalam peningkatan kualitas masyarakat. Dengan majunya teknologi informasi, masyarakat dengan mudahnya dapat mengakses informasi dari berbgaia belahan dunia. Namun dari hal itu pulalah timbul dampak negatif, informasi yang diterima masyarakat sangat bebas sehingga informasi berupa pornografi juga bisa diperoleh dari internet dan timbul masalah baru yaitu pergaulan bebas yang telah menjangkit muda-mudi dewasan ini.
Dari pemaparan diatas terdapat pertanyaan besar, apakah perkembangan teknologi dapat menurunkan tingkat pertumbuhan penduduk?. Jawabannya adalah IYA. Walaupun teknologi memiliki dampak negatif yang sangat banyak tetapi dampak positif yang diberikan tidak kalah banyaknya. Tetapi disini yang menjadi kata kunci sehingga teknologi dapat menekan laju pertumbuhan penduduk yaitu “teknologi sejalan dengan ilmu pengetahuan serta tingkat pendidikan seseorang”. Walaupun masih belum bisa dikatakan pasti bahwa tingkat pendidikan mampu membuat masyarakat lebih cerdas untuk memikirkan masa depannya, tetapi sekarang ini bukti bahwa orang yang berpendidikan tinggi lebih tanggap dalam memikirkan masa depannya serta karir kedepannya. Sehingga tidak senantiasa memikirkan untuk memiliki anak atau memiliki anak lebih dari 2. Selain itu, Informasi mengenai keluarga berencana semakin mudah untuk disampaikan karena adanya teknologi informasi.

Print this post

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© Technorati Style Copyright by teknologi informasi | Template by One-4-All | Made In Indonesia