Rabu, 11 Januari 2012

Manfaat TIK


MANFAAT TIK

Zaman sekarang semaki..n maju.(Iya pa ya?) Perkembangan IPTEK juga sekarang memasuki tahap perkembangan yang cukup memiliki peranan penting dalam setiap kehidupan manusia dimanapun manusia itu berada.
Salah satu hasil perkembangan dari IPTEK itu sendiri adalah TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Dan bahkan perkembangan TIK itu sendiri telah masuk ke sekolah-sekolah. Dan “WOW”nya, anak-anak kecil mulai dari TK atau SD di beberapa sekolah sudah diperkenalkan kepada TIK. Hal ini tentu suatu langkah yang sangata baik sekali untuk mempersiapkan generasi-generasi tangguh yang menguasai TIK untuk menghadapi masa-masa yang akan datang, yang tentunya perkembangan IPTEKnya akan semakin maju.
Dari perkembangan teknologi ini, kita dapat lebih mudah untuk mengakses dunia luar. Entah itu untuk memperoleh pengetahuan, memperbanyak teman, memudahkan komunikasi dengan negara bagian lain, atau bahkan mencari hiburan.
Hal ini tentu telah disadari oleh sekolah-sekolah yang ada dan yang telah ditunjang oleh sarana dan prasarana yang mendukung perkembangan teknologi ini untuk lebih dikenal oleh siswa/i. Teknologi Informasi dan Komunikasi ini diperkenalkan melalui pelajaran muatan lokal, atau materi ekstrakulikuler di sekolah masing-masing.
Melalui pelajaran yang diberikan di sekolah saya (SMA Katolik Damai), saya pribadi mendapat sangat banyak masukan-masukan tentang cara mengolah data-data mentah melalui Ms Office, cara men-design suatu gambar, bahkan cara untuk membuat blog seperti blog yang saya buat saat ini.
Saya mendapatkan pelajaran mengenai TIK sejak dari SD (waktu itu namanya bukan TIK, tapi “Belajar Komputer”). Yaitu ketika komputer yang digunakan masih berupa komputer IBM yang menggunakan disket DOS (yang bisa dijadiin kipas angin.. ^^v), yang ga ada mousenya juga.
Waktu itu saya masih diajarkan cara membuat dan menyusun puzzle dan membuat gambar-gambar sederhana.
Lalu masuk SMP, masih tetap dengan nama mata pelajaran yang sama, saya mulai diperkenalkan Ms Word (padahal di rumah udah iseng kutak-katik sendiri.. ^^v), Ms Power Point, Ms Excel, dan cara pembuatan web sederhana dengan menggunakan HTML (waktu itu Sam dapat nilai tertinggi lohw pas pengumuman kelulusan.. ^^v).
Nah, waktu masuk SMA (berarti Sam udah dari kecil di Damai ya.. T.T’) nama mata pelajarannya udah berubah jadi “Belajar TIK”.
Masuk SMA, saya kembali diperkenalkan Ms Office (weleh2, koq sama lagi sih???), dan yang paling baru belajar tentang internet, membuat alamat e-mail (udah bisa sih.. ^^v), design gambar, dan membuat blog. (kayaknya udah disebutin di atas kan y?? ~.~’)
Masih ada banyak manfaat dari pembalajaran TIK yang dapat kita ambil di sekolah kita. Saran saya bagi para siswa/i, jangan cepat bosen sama pelajaran TIK. Mungkin agak kurang sreg gimana.. gitu. Tapi keep enjoying ja. Nanti juga temen-temen bakal dapet hal-hal baru yang ternyata manarik banget. Lalu untuk para guru dan sekolah yang memiliki materi pembelajaran dan ekstrakulikuler TIK, manfaatkan fasilitas yang ada untuk memaksimalkan potensi siswa/i yang ada dan buatlah selingan-selingan untuk menyegarkan siswa/i untuk belajar TIK.
Terima Kasih..

Print this post

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Technorati Style Copyright by teknologi informasi | Template by One-4-All | Made In Indonesia